VIDEO PEMBELAJARAN

The Hand Test

Mengungkap Pola Interaksi Individu dengan Sesama dan Lingkungan.

Sederhana, mudah dipelajari dan praktis

Efisien secara waktu dan tenaga

Mengungkapkan pola perilaku nyata dan dapat diamati dalam interaksi

Memiliki nilai prediktif

Dapat digunakan dalam berbagai setting (Organisasi, Pendidikan, Kesehatan/Klinis)

Anda berada di tempat yang tepat

Tinggal selangkah lagi bagi Anda untuk mengetahui metodenya

Persembahan khusus untuk Anda

Video Pembelajaran

The Hand Test

Video pembelajaran The Hand Test mengenalkan dan membahas mengenai Tes Gambar Tangan  yang terdiri dari sejumlah kartu-kartu bergambar tangan dalam berbagai posisi. The Hand Test merupakan suatu tes proyeksi psikologi untuk menggambarkan kepribadian seseorang dalam berinteraksi dengan sesama manusia & lingkungan sekitarnya. Video pembelajaran ini akan menjelaskan mulai dari pengertian, pelaksanaan, skoring, dan interpretasi. 

Pelajari cara menggambarkan kepribadian seseorang dalam berinteraksi melalui The Hand Test  dari praktisi yang berpengalaman. 

Pemahaman tentang sejarah The Hand Test

Kemampuan memahami dan administrasi The Hand Test

Keterampilan dalam skoring The Hand Test secara kuantitatif

Kemampuan menginterpretasi dan menganalisis hasil The Hand Test

Keterampilan menyusun laporan hasil The Hand Test

Exercise

Quiz Time

Case Study

Lecture

Demonstration

Setelah menyelesaikan program video pembelajaran ini, Anda akan mendapatkan sertifikat resmi dari Prakarsa Daya Motekar sebagai tanda penyelesaian program dan sebagai tanda pemahaman Anda tentang The Hand Test sesuai dengan rangkaian Video Pembelajaran yang Anda pilih.

1.1 Sejarah dan Latar Belakang
1.2 Teori dan Konsep The Hand Test
1.3 Jeda: Sejarah Singkat

Apa yang dipelajari

  • TANGAN sangat penting fungsinya dalam kehidupan manusia yaitu INTERAKSI antara seseorang dengan sesama manusia dan lingkungan sekitarnya.
  • Awalnya, Hand Test diciptakan untuk membedakan orang normal dengan pasien schizophrenia.
  • Hand Test dapat menggambarkan kecenderungan/pola tingkah laku seseorang dalam berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan sekitarnya.
  • Hand Test dapat dilakukan secara praktis dan hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Konsep dan Metode

  • Lecture
 
2.1 Pendahuluan dan Administrasi Tes
2.2 Instruksi Tes
2.3 Jeda: Instruksi yang Tepat

Apa yang dipelajari

  • Agar mendapatkan hasil yang paling maksimal, Administrasi Tes perlu dilakukan dengan tepat dan sesuai.
  • Administrasi Tes Menggunakan kartu-kartu bergambar tangan sebagai stimulus.

Konsep dan Metode

  • Lecture 
  • Demonstrasi
 
3.1 Prinsip Skoring Kuantitatif
3.2 Skoring Kuantitatif
3.3 Jeda Kategori Respons

Apa yang dipelajari

Skoring Kuantitatif merupakan skoring untuk mengukur struktur kepribadian dalam The Hand Test.

Skoring Kuantitatif terdiri dari 4 kategori yang melihat

  • Hubungan dengan sesama manusia
  • Hubungan dengan lingkungan
  • Kecenderungan penarikan diri
  • Kecenderungan patologis

Konsep dan Metode

  • Lecture
  • Contoh kasus

 

4.1 Prinsip Skoring Kualitatif
4.2 Skoring Kualitatif
4.3 Jeda: Kategori Respons

Apa yang dipelajari

    • Skoring Kualitatif merupakan skoring untuk memperluas interpretasi kuantitatif.
    • Skoring Kualitatif menunjukkan motivasi dan tujuan dari tindakan seseorang.

Konsep dan Metode

  • Lecture 
  • Contoh Kasus
 
5.1 Summary Score
5.2 Interpretasi Kuantitatif dan Kualitatif
5.3 Card Pull
5.4 Jeda: Ringkasan Materi

Apa yang dipelajari

  • Mempelajari data normatif sebagai panduan untuk melakukan skoring kuantitatif.
  • Karakteristik gambar tangan (ragam, corak, urutan, posisi kartu) yang menimbulkan respon spesifik dan perasaan tertentu pada klien.
  • Interpretasi Kuantitatif, Kualitatif, dan Hubungan antara keduanya.

Konsep dan Metode

    • Lecture
    • Review
 
6.1 Jeda: Pengantar Latihan
6.2 Penjelasan Analisa Protokol Hand Test

Apa yang dipelajari

  • Mempraktikan Skoring, Analisa dan Interpretasi Studi Kasus dalam Tes Gambar Tangan.

Konsep dan Metode

  • Studi Kasus
 

Hanna Djumhana Bastaman, M.Psi., Psikolog

Hanna Djumhanna Bastaman dilahirkan 4 November 1939 di daerah Ciamis Selatan, Jawa Barat. Lulus S1 pada Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan S2 untuk program Psikologi Klinis di fakultas yang sama. Sejak 1968 bekerja di almamaternya sebagai dosen-tetap dan sempat menjabat sebagai Kepala Bagian Psikologi Klinis.  Beliau mengajar Psikologi Kepribadian, Psikodiagnostik, Etika dan Agama Islam, didukung dengan minat keilmuan dalam bidang Filsafat, Agama/Keruhanian, Budaya dan Psikologi.

Beliau pertama kali berkenalan dengan Hand Test melalui salah satu dosennya  yang memelopori berbagai workshop psikologi. Kemudian beliau tertarik dan mendalami Hand Test sehingga beliau menjadi perintis Hand Test di lingkungan psikologi di Indonesia. Beliau meneliti, mengajarkan kepada mahasiswanya dan mempraktikkan The Hand Test sebagai alat diagnostik, semenjak tahun 1980.  Beliau juga melatihkan Hand Test di komunitas psikologi misal di POLRI, HIMPSI, dan Universitas-universitas di Indonesia (UII, UMS, USU, dan universitas lainnya). Selain praktisi, Beliau merupakan pelatih SDM khususnya bidang peningkatan kemampuan dan keterampilan Diagnostik Klinis yaitu Tes Proyeksi The Hand Test atau Tes Gambar Tangan, dan Rorschach.

Beliau juga melatih Analisis Transaksional, Pemahaman dan Pengembangan Pribadi/Karakter, Logoterapi, Logoanalisis, dan Perilaku Asertif. Tersertifikasi dalam EFT dan Hipnoterapi.

Selain itu, Beliau telah menulis buku fiksi dan non-fiksi dalam bahasa Sunda mulai usia 70 tahun dan mendapat penghargaan Sastra Rancage sebagai “Karya Sastra Terbaik 2019” tepat pada saat penulis berusia 80 tahun.

Saya berminat memiliki video pembelajaran ini.

Berapa Harganya?

Yang akan Anda Dapatkan:

Referensi

Video Pembelajaran
The Hand Test

Harga Promo

Rp 975.000 ,-

Rp 350.000 ,-

Video ini hanya bisa ditonton melalui member area Motekar

Mengapa memilih belajar The Hand Test bersama Motekar?

1. Apakah Tes Gambar Tangan serupa dengan meramal garis tangan?

Tidak serupa, Tes Gambar Tangan menggunakan kartu-kartu bergambar tangan, bukan “membaca” garis-garis telapak tangan klien.

2. Apakah Tes Gambar Tangan dapat digunakan untuk Anak dan Remaja?

Tes Gambar Tangan dapat digunakan untuk Anak dan Remaja dengan normative data yang khusus. Dalam Video pembelajaran ini dikhususkan untuk orang dewasa dengan berbagai kondisi.

3. Apakah Tes Gambar Tangan dapat digunakan untuk orang yang cacat tangan?

Dapat digunakan, karena tetap dapat menjajagi persepsi, sikap, dan penghayatan terhadap kondisi tangannya sendiri.

4. Apakah Tes Gambar Tangan dapat digunakan untuk orang yang tuna netra?

Bisa, saat ini sudah terjadi pengembangan Tes Gambar Tiga Dimensi untuk menyandang tuna netra.

5. Apakah Kartu Tes Gambar Tangan dapat digunakan hanya 1 atau 2 kartu dan tidak secara menyeluruh?

Sebaiknya diambil secara menyeluruh, karena setiap kartu memiliki stimulus values masing-masing.

6. Apakah Tes Gambar Tangan dapat digunakan oleh non psikologi?

Tes Gambar tangan hanya dapat digunakan oleh praktisi psikologi.

7. Apakah diperlukan sertifikasi khusus untuk melaksanakan Tes Gambar Tangan?

Tidak diperlukan sertifikasi, yang penting merupakan psikolog dan memiliki pemahaman atas Tes Gambar Tangan juga pengalaman praktik dengan supervisi.

Positive Psychology

Butuh bantuan?

Biro Psikologi Prakarsa Daya Motekar
Jalan Cigadung Raya Barat No. 11, Cigadung, Cibeunying Kaler, Bandung, 40191