VIDEO PEMBELAJARAN

Logoanalisis

Meraih Pribadi Berkarakter, Bermakna dan Berbahagia

Meraih pribadi yang berkarakter

Menjadi pribadi yang bermakna

Menjadi pribadi yang berbahagia

Anda berada di tempat yang tepat

Tinggal selangkah lagi bagi Anda untuk mengetahui metodenya

Persembahan khusus untuk Anda

Video Pembelajaran

Logoanalisis

Video pembelajaran LOGOANALISIS: Meraih Pribadi Berkarakter, Bermakna, dan Berbahagia ini memberikan pemahaman mengenai kehidupan bermakna yang mencakup topik-topik, seperti karakter dan perspektif mengenai kebahagiaan, cara membangun karakter dan cara mencapai hidup bermakna melalui pendekatan spiritual dan psikologis, serta langkah-langkah konkret untuk menerapkannya.

Pentingnya memiliki karakter pribadi yang mulia dalam kehidupan.

Pemahaman tentang cara meraih kehidupan yang bermakna.

Pemahaman mendalam mengenai kebahagiaan dan berbagai perspektif mengenai kebahagiaan.

Pengetahuan tentang cara membangun karakter pribadi dan cara menerapkannya dalam kehidupan.

Practice

Case Study

Worksheet/self-reflection

Setelah menyelesaikan program video pembelajaran ini, Anda akan mendapatkan sertifikat resmi dari Prakarsa Daya Motekar sebagai tanda penyelesaian program dan sebagai tanda pemahaman Anda tentang Logoanalisis sesuai dengan rangkaian Video Pembelajaran yang Anda pilih.

1.1 Pengantar Materi
1.2 Jeda: Tiga Kearifan

Apa yang dipelajari

  • Contoh-contoh kasus orang kaya sukses yang gagal dalam hidup.

Konsep dan Metode

  • Lecture
  • Pembahasan Kasus
2.1 What’s Character?
2.2 Why Character?
2.3 Jeda: Hal-hal terbaik Diriku

Apa yang dipelajari

  1. What’s Character?
    • Tempramen
    • Kepribadian
    • Karakter
    • Karakter Mulia
  2. Why Character?
    • Hidup berkarakter/berakhlak merupakan perintah agama
    • Karakter penentu arah kehidupan yang benar bagi manusi
    • Karakter menentukan nasib
    • Tanpa karakter hidup ini hampa dan tak bermakna
    • Pribadi yang berkarakter merupakan pemimpin yang baik

Konsep dan Metode

  • Lecture 
  • Self-Journaling: Menuliskan hal-hal terbaik dalam diri

 

3.1 Panca Cara Meraih Hidup Bermakna
3.2 Karakteristik Hidup Bermakna
3.3 Jeda Kontemplasi: Kaitan antara kebermaknaan hidup dengan kebahagiaan

Apa yang dipelajari

  1. Panca Cara Meraih Hidup Bermakna
    • Pemahaman diri & pengenalan diri
    • Bertindak positif
    • Hukum panen
    • Pengakraban hubungan
    • Memenuhi catur nilai
    • Ibadah
  2. Karakter hidup bermakna
    • Hidup bermakna dicirikan dengan adanya tujuan hidup yang jelas, semangat akan kehidupan, aktif dalam bersosialisasi, dan memiliki pandangan positif dalam hidup.

Konsep dan Metode

  • Lecture
  • Self Reflection: Hidup bermakna = kebahagiaan

4.1 Wawasan kebahagiaan
4.2 Jeda Empat Perspektif Kebahagiaan
4.3 Perspektif “Psikologi MOTEKAR”
4.4 Jeda Tes Kepribadian: Eksplorasi Karakter Berkualitas Tinggi/Mulia

Apa yang dipelajari

  1. Wawasan Kebahagiaan
    • Kebahagiaan memaknai perasaan positif dan bebas dari perasaan negatif.
    • Kebahagiaan merupakan dambaan setiap orang dan tidak mudah untuk diraih.
    • Perspektif Psikologi lama menyatakan bahwa kebahagiaan berasal dari kesuksesan
    • Perspektif Psikologi Baru menyatakan bahwa kesuksesan berasal dari kebahagiaan
    • Perspektif Psikologi Karakter menyatakan bahwa karakter yang baik memberikan kebahagiaan
    • Perspektif Agama Kebahagiaan didapatkan melalui rasa kasih sayang kepada Tuhan
  2. Perspektif Psikologi “MOTEKAR”
    • Dalam pandangan Islam 
    • Pribadi berkarakter 
    • Bahagia 
    • Pribadi berkarakter mulia 
    • Kesimpulan

Konsep dan Metode

  • Lecture 
  • Self Reflection : 4 perspektif kebahagiaan yang dapat diintegrasikan Values dan Meaning


5.1 Pembangunan Karakter
5.2 Pancasila
5.3 Implementasi
5.4 Hidup dinamis
5.5 Asas-asas sukses
5.6 Etos kerjaku

Apa yang dipelajari

  1. Pembangunan Karakter
    • Pembangunan karakter merupakan proses sepanjang hayat.
  2. Unsur kepribadian dalam pembangunan karakter
    • Niat dan motivasi dapat mendorong diri untuk berubah dan berkembang.
    • Citra diri idaman merupakan tujuan dari pengembangan diri yang didapatkan setelah melihat kesenjangan antara citra diri aktual dan citra diri ideal.
    • Citra diri idaman dapat diperoleh dari adanya tokoh yang dijadikan role model.
    • Nilai-nilai rujukan
    • Potensi Khusus Manusia
    • Ibadah dan doa
  3. Implementasi
    • Asas-asas penerapan
    • Metode tepat guna
    • Asas-asas sukses
  4. Asas-asas sukses
    • Melakukan perbaikan diri, cita-cita dan etos kerja yang diimplementasikan dalam bentuk:
        • The Principle of Faith
        • The Principle of Giving
        • The Principle of Exclusion
        • The Principle of Comment
        • The Principle of Creation
        • The Principle of Visualization
        • The Principle of Enthusiasm
        • The Principle of Self-dicipline
        • The Principle of Action
        • The Principle of Persistence

Konsep dan Metode

    • Lecture
    • Self Journaling
    • Self Reflection




 

 

6.1 Rangkuman
6.2 Jeda: Tugas Ayat

Apa yang dipelajari

  • Tumbuhkan niat untuk berkembang dan meraih tujuan juga karakter yang diharapkan.
  • Mulai memaknai hidup dengan menerapkan asas-asas penerapan, asas-asas kesuksesan, juga tidak lupa untuk berdoa & beribadah 
  • Karakter MOTEKAR

Konsep dan Metode

  • Self Reflection 
  • Self Journaling

Hanna Djumhana Bastaman, M.Psi., Psikolog

Hanna Djumhana Bastaman (HD. Bastaman), lahir pada 4 November 1939 di Ciamis Selatan, Jawa Barat. Telah mengabdikan dirinya dalam bidang psikologi (Klinis) sepanjang perjalanan karirnya. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ditempatkan di Bagian Klinis, kemudian melanjutkan ke jenjang S2 untuk mendalami ilmu Psikologi Klinis. Sejak tahun 1968, dengan kesetiaannya, HD. Bastaman aktif sebagai dosen tetap di almamaternya, tidak hanya mengajar Psikologi Kepribadian dan Psikodiagnostik, tetapi juga menggali aspek Filsafat, Agama, Budaya, dan Psikologi.


Dalam ranah psikoterapi, HD. Bastaman memfokuskan diri pada Logoterapi, sebuah pendekatan yang secara khusus membantu individu menemukan arti dan tujuan hidup, serta mendorong untuk mengembangan kehidupan yang bermakna. Selain sebagai praktisi psikoterapi, beliau juga berperan sebagai pelatih Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya: Analisis Transaksional, Perilaku Asertif, Pemahaman & Pengembangan Pribadi/Karakter, Logoterapi serta melatih berbagai tes proyeksi seperti Teknik Rorschach, The Hand Test dan test grafis klinis.


Di luar kegiatan sebagai staf pengajar, HD. Bastaman beserta beberapa rekannya merintis gerakan keilmuan Psikologi Islami yang dikukuhkan dalam Simposium Nasional Psikologi Islami I tahun 1995 dan sekarang telah resmi menjadi salah satu bidang keilmuan psikologi dalam HIMPSI. Dan di luar ranah psikologi, HD. Bastaman mempelajari dengan serius nyanyian klasik Sunda Tembang Cianjuran, serta mendalami dimensi psiko-spiritual Agama Islam (Tasauf Islam).


Pensiunnya pada tahun 2004 tidak menyurutkan semangat HD. Bastaman. Dan sejak usia 70an mulai aktif menulis berbagai artikel dan buku dalam bahasa Sunda, bahasa ibu yang sebelumnya terabaikan. Dan sampai tahun 2024 telah terbit 8 buku fiksi dan non fiksi, disamping 4 buku ajar dan 4 buah naskah yang menanti terbit. Pada tahun 2019 salah satu bukunya mendapat penghargaan bergengsi “Hadiah Sastra Rancage” pada hari ulang tahun ke 80. Tahun 2023 menghasilkan buku “Percikan Nostalgia” yaitu kumpulan pengalaman berkesan para mahasiswa Psikologi UI sejak tahun 1953 – 1965. Dan Video Pembelajaran Motekar ini merupakan salah satu karyanya yang dibuat untuk mengisi usia 85.

Saya berminat mengikuti video pembelajaran ini.

Berapa Harganya?

Yang akan Anda Dapatkan:

Referensi

Video Pembelajaran
Logoanalisis

Harga Promo

Rp 425.000 ,-

Rp 200.000 ,-

Video ini hanya bisa ditonton melalui member area Motekar

Mengapa memilih belajar Logoanalisis bersama Motekar?

1. Apa materi yang diajarkan?

Video pembelajaran ini menyajikan materi yang mencakup beragam aspek penting dalam memahami dan mengembangkan kehidupan yang bermakna. Di dalamnya, kita akan mempelajari:

Pengaruh karakter dan temperamen terhadap pembentukan kepribadian seseorang.Proses membentuk karakter mulia serta pentingnya karakter mulia dalam menjalani hidup.Hubungan antara memiliki karakter yang kuat dengan mencapai kehidupan yang bermakna.Peran Logoanalisis dalam membantu individu menyadari dan menghayati makna hidup, serta mengembangkannya menuju kehidupan yang bermakna dan bahagia.Penerapan Logoanalisis pada individu normal untuk meraih hidup yang bermakna.Modifikasi Metode Logoanalisis yang mempertimbangkan cara-cara meraih hidup yang bermakna.Berbagai cara pengembangan pribadi untuk mencapai potensi maksimal.Pendalaman, pemahaman, dan penerapan sumber-sumber makna hidup dalam kehidupan sehari-hari.Karakteristik utama dari kehidupan yang bermakna.Keterkaitan erat antara hidup bermakna dan kebahagiaan.Peran ibadah dan doa dalam membangun karakter yang kuat.Asas-asas penerapan dan prinsip-prinsip kesuksesan yang dapat membimbing individu menuju kehidupan yang bermakna dan memuaskan.

Dengan menyajikan materi ini dalam format yang mudah dipahami, video pembelajaran ini membantu para penonton untuk mendalami konsep-konsep penting ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Siapa instrukturnya?

Narasumber dari Video Pembelajaran ini adalah tokoh penting dalam psikologi klinis di Indonesia yang bernama HD. Bastaman. Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini mengabdikan dirinya dalam bidang Logoterapi/Logoanalisis sejak awal karirnya sebagai Psikolog.

Sebagai dosen tetap di UI sejak 1968, HD. Bastaman tidak hanya mengajar Psikologi Kepribadian dan Psikodiagnostik, tetapi juga mengintegrasikan filsafat, agama, dan budaya dalam pembelajarannya.

Dalam psikoterapi, fokusnya adalah pada Logoterapi, membantu individu menemukan arti hidup dan mengembangkan kehidupan bermakna. Dia juga aktif sebagai pelatih SDM, khususnya Analisis Transaksional dan Perilaku Asertif.

Di luar akademik, HD. Bastaman terlibat dalam pengembangan Psikologi Islami dan seni nyanyian Sunda. Meskipun pensiun pada 2004, dia tetap aktif menulis. Karyanya, "Percikan Nostalgia", mendapat penghargaan "Hadiah Sastra Rancage" pada 2019. Video Pembelajaran Motekar adalah salah satu karyanya yang menginspirasi, dibuat pada usia 85.

3. Bagaimana format dan struktur kursus/pembelajarannya?

Selamat datang di Video Pembelajaran kami. Kami menawarkan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif untuk membantu Anda memahami materi dengan lebih baik. Dengan format dan struktur kursus yang kami tawarkan, Anda akan disajikan dengan paparan singkat yang mudah dipahami dalam bentuk paparan kuliah (lecturette), yang dibagi menjadi modul-modul singkat untuk memudahkan pemahaman.
Tidak hanya itu, kami juga mengintegrasikan jeda-jeda interaktif di antara modul, termasuk kuis, tugas, kontemplasi, dan self journaling, untuk membantu Anda menginternalisasi materi secara lebih mendalam. Selain itu, kami menyajikan contoh-contoh aplikasi teori dalam kehidupan nyata sehari-hari, sehingga Anda dapat mengaitkan konsep-konsep yang dipelajari dengan situasi kehidupan yang sesungguhnya.
Dan untuk memperkuat pembelajaran Anda, kami juga menyediakan lampiran dalam bentuk worksheet yang berisi kuis, tugas, kontemplasi, dan self journaling. Dengan semua fitur ini, kami yakin kursus kami akan memberikan pengalaman belajar yang berharga dan mendalam bagi Anda.

4. Apakah ada dukungan atau bantuan teknis yang disediakan jika mereka mengalami masalah saat mengakses atau memahami materi?

Ada, silahkan tanya ke admin Motekar  dengan klik di sini jika Anda mengalami kendala.

5. Bagaimana cara mengakses video pembelajaran ini setelah pembelian?

Video pembelajaran ini hanya bisa diakses di Member Area Motekar. Untuk cara mengakses video pembelajarannya, Anda bisa melihat langkah-langkahnya di sini.

6. Apakah materi pembelajaran dapat diakses secara offline?

Materi Video Pembelajaran Motekar hanya dapat diakses ketika Anda terhubung dengan internet.

7. Apakah ada batasan waktu untuk mengakses materi setelah pembelian?

Setelah melakukan proses pembelian, video pembelajaran dapat diakses seumur hidup.

8. Apakah video pembelajaran ini memiliki sertifikasi?

Video Pembelajaran Peningkatan Diri Melalui Logoanalisis: Meraih Pribadi Berkarakter, Bermakna dan Berbahagia ini memberikan sertifikasi kepesertaan ketika Anda sudah menyelesaikan rangkaian video pembelajaran.

Positive Psychology

Butuh bantuan?

Biro Psikologi Prakarsa Daya Motekar
Jalan Ir. H. Juanda Nomor 294 A, Bandung, 40135